Travel

Tanjung Ompu Destinasi Liburan Penuh Makna

Waktu.news | Berbicara mengenai pulau Sulawesi, tentu tidak asing dengan Bolaang Mongondow atau lebih terkenal dengan sebutan Bolmong. Kabupaten paling luas ini memiliki ratusan destinasi wisata yang sangat menarik yaitu keindahan alamnya. Salah satu contohnya ialah situs Tanjung Ompu (Wisata Bolmong).

Mengenali Sulawesi Pulau Besar di Indonesia

Sulawesi terkenal juga dengan sebutan Celebes, pulau besar dengan jumlah penduduk mencapai 18 juta jiwa. Pulau ini sangat mempesona dan memiliki banyak tempat wisata alam yang unik dan indah. Tidak hanya memanjakan mata juga membantu mengurangi penat.

Pulau Sulawesi memiliki berbagai macam ciri khas, seperti pegunungan, pantai, taman laut, taman nasional, dan flora fauna endemik. Dunia pun mengakui bahwa taman laut yang ada di pulau ini merupakan yang terbaik di seluruh dunia. Sangat menakjubkan, bukan?.

Tidak mengherankan apabila wisatawan lokal maupun internasional rela menempuh jarak jauh untuk menikmati udara Sulawesi. Karena selain tempat wisata yang cantik, juga terdapat banyak kuliner unik serta keragaman adat dan budaya yang menghangatkan hati.

Titik Keberadaan Tanjung Ompu (Wisata Bolmong)

Tanjung Ompu tepat terletak di sebuah desa bernama Desa Lalow, Kecamatan Lolak. Wilayah ini memiliki potensi di bidang pariwisata. Para pengunjung yang ingin datang pun tidak perlu khawatir karena akses kendaraan sangat mudah .

Kendaraan pribadi maupun angkutan umum dapat untuk alat transportasi. Gunung Hanya saja keberadaan tambang pasir besi menjadikan daerah ini menjadi kurang terawat. Pemerintah setempat pun kurang memaksimalkan potensi yang ada di wilayah Bolmong.

Biasanya, pengunjung menyambangi tempat ini untuk berwisata dan sekadar menikmati pemandangan. Tidak hanya rekreasi, Tanjung ini juga terkenal sebagai destinasi fotografer, terutama untuk pre-wedding. Memancing ikan dengan kapal pun juga bisa dilakukan di sini.

Artikel Terkait; Nikmati Keindahan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone yang termasuk Wisata Edukasi

Pelestarian Objek Wisata yang Dapat Dilakukan Masyarakat

Memiliki begitu banyak ragam wisata alam dan juga buatan di Indonesia tentunya sangat membanggakan. Indonesia ini terkenal sebagai negeri yang indah dan penuh sumber daya alam menguntungkan. Adanya ribuan tempat wisata yang cantik ini pun turut menaikkan nama Nusantara.

Sebagai rakyat Indonesia, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk turut melestarikan objek wisata. Salah satunya ialah mempromosikan lokasi ini ke khalayak. Semakin banyak pengunjung maka kesejahteraan masyarakat sekitar tempat wisata akan meningkat.

Selain itu, kegiatan paling penting yang wajib dilakukan ialah menjaga kebersihan. Pengunjung yang bijak tentu tidak akan membuang sampah sembarangan. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan, juga agar pengunjung lain tetap merasa nyaman.

Baca juga artikel; Pemandian Air Panas Bakan Sajian Keindahan Sekaligus Menyehatkan

Dikeramatkan Berikut Alasan di Balik Sakralnya Pantai Bolmong

Sebagai daerah di pesisir, magnet paling kuat di wilayah Wisata Bolmong memanglah pantainya. Dermaga yang indah dan disinari cahaya matahari menambah keindahan pemandangan. Maka tidak heran jika ribuan pengunjung berbondong-bondong untuk hadir.

Pada zaman dahulu, tempat ini menjadi titik peperangan Bogani, suku asli Bolmong, dengan suku lain yang berusaha menduduki wilayah Ompu. Pertempuran sengit tidak bisa terhindarkan lagi dan hasilnya memuaskan. Suku Bogani bisa mempertahankan Tanjung Ompu.

Setelah kejadian tersebut, para leluhur melaksanakan ritual dan doa di sebuah goa. Tujuannya ialah agar anak cucu mereka dapat hidup aman, tentram, serta makmur dan terhindar dari musuh. Bahkan hingga saat ini, Wisatawan masih bisa melihat goa itu sewaktu air laut sedang surut.

Tips Penting saat Berwisata ke Bolmong

Salah satu destinasi wisata di pulau Sulawesi ini memiliki potensi yang besar. Karena pantai itu memiliki pemandangan sunset yang indah. Namun ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan ketika berkunjung ke Pantai Tanjung Ompu tersebut.

Artiker Lainnya; Air Terjun Batunangan yang Menarik untuk Diulik

  1. Membawa Uang Tunai

Di era digital seperti saat ini banyak masyarakat Indonesia yang lebih memilih menggunakan dompet digital untuk melakukan pembayaran daripada uang tunai. Apalagi yang tinggal di daerah perkotaan. Namun hal itu kurang berlaku jika sedang berkunjung di pantai.

Karena warung-warung di sekitar pantai masih banyak yang belum melek teknologi. Dengan begitu sangat harus membawa uang cash jika ingin membeli minum atau makanan. Tidak lupa untuk menyiapkan uang receh guna membayar parkir kendaraan.

  1. Gunakan Kendaraan Pribadi

Sebaiknya ketika berkunjung ke destinasi wisata berupa pantai, gunakanlah motor/mobil pribadi. Karena lokasinya yang terbilang jauh dari pusat Kota. Dengan begitu untuk menemukan transportasi umum sangatlah sulit. Dalam hal ini juga bisa menyewa kendaraan.

Biasanya untuk menemukan tempat sewa sangatlah mudah. Sementara untuk tarifnya berkisar antara 100. 000-600.000 rupiah. Namun ketika menggunakan kendaraan sendiri pastikan bahwa kondisi ban dan mesin baik. Tidak lupa untuk mengisi penuh bahan bakarnya.

  1. Hindari Pulang di Malam Hari

Biasanya sekitar pantai terdabat pohon-pohonan yang sangat indah. Tidak hanya itu jarak antara kampung satu dengan lainnya sangat jauh. Hal itu tentunya menyebabkan kurangnya penerangan sepanjang jalan, sehingga resiko terjadi kecelakaan akan tinggi.

Bukan hanya itu saja ketika malam hari suasana di sekitar juga akan sepi. Hal itu tentunya sangat berbeda dengan di daerah perkotaan. Dengan begitu rawan terjadinya aksi kejahatan. Maka dari itu usahakan Ketika pulang dari wisata pantai sebelum matahari terbenam.

  1. Memakai Sunblock di Wajah dan Badan

Berbicara tentang pantai tentu akan sangat familiar dengan terik matahari. Pada pagi hari saja, rasanya sudah cukup menyengat dan dapat mengganggu. Meskipun mengenakan pakaian cukup tertutup, mengaplikasikan sunblock dan sunscreen merupakan sebuah kewajiban.

Bagi pelancong yang mengajak keluarga, termasuk di dalamnya orang tua dan juga anak kecil, maka harus menyediakan tabir surya dengan kandungan yang tepat dan sesuai usia. Hal ini bertujuan agar kulit tidak terbakar dan mengalami kemerahan hingga nyeri luar biasa.

Bagaimana Situasi Terkini Pantai Tanjung Ompu 

Pantai yang digadang-gadang menjadi primadona Bolaang Mongondow ini sekarang berada dalam situasi cukup menyedihkan. Pasalnya, pengunjung semakin berkurang bahkan terkadang tidak ada sama sekali. Berbeda terbalik dengan masa dahulu yang selalu membludak dan menimbulkan macet.

Salah satu akar masalah, yaitu adanya tambang pasir besi di pantai. Jika Anda mengunjungi pantai ini, maka akan menemukan beberapa gunung pasir mini bekas proses penambangan setinggi kurang lebih 10 meter.

Kegiatan menambang ini menghambat akses menuju lokasi Tanjung Ompu. Dermaga yang mulanya cantik menjadi tidak terurus dan tersisa tunggul kayu saja. Keindahan pemandangan dan lembutnya pasir pantai tidak bisa membawa kembali ribuan orang yang dahulu selalu datang.

Baca Artikel ini juga; Wisata Pantai Tanjung Dulang dengan Segudang Keindahannya

Dalam hal ini masyarakat juga harus mengikuti perjuangan para Bogani dalam mempertahankan wilayah tersebut harus . Karena bagaimanapun juga, Tanjung ini merupakan situs bersejarah. Pastinya tanpa keberadaan Tanjung ini maka tidak akan ada Bolaang Mongondow.

Demikian informasi singkat mengenai Wisata Bolmong yang indah dan mempesona. Sulawesi memang memiliki banyak lokasi pertambangan. Namun, keberadaan serta pesona Tanjung Ompu tetaplah harus dikembalikan sebagai salah satu ikon wisata kebanggaan. (rhp)

Yuni Supit

Ibu Rumah Tangga yang hoby Travel dan Memasak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button