Travel

15 Tempat Wisata Tojo Una Una Sensasional dengan Keindahannya

Desinasi Disini Memang Menakjubkan

Waktu.news | Tojo Una Una merupakan daerah di Sulawesi Tengah. Tempat wisata Tojo Una Una cukup beragam dan terkenal dengan keindahannya. Jadi, jika berkunjung ke daerah ini sepertinya wajib untuk mendatangi beberapa tempat wisata yang ada disana.

Rekomendasi 15 Wisata di Tojo Una Una

Seperti penjelasan sebelumnya jika di daerah Tojo Una Una terdapat banyak tempat wisata alam. Jika penasaran apa saja wisata yang terdapat di daerah tersebut, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Pulau Poya Lisa

Pulau ini mempunyai daya tarik tersendiri dengan pemandangan pantai yang sangat indah. Bahkan, wisatawan bisa menginap di Pulau ini karena tersedia penginapan. Pulau yang berada di desa Bomba Kecamatan Una Una ini mudah aksesnya.

Bahkan, jika menghabiskan waktu beberapa hari di Pulau ini bisa sekaligus mengunjungi objek wisata lain seperti Pantai Tambanguni dan Pantai Mutigu. Jarak tempuh untuk sampai di kedua pantai tersebut tidak terlalu jauh hanya sekitar 15 menit.

Tempat Wisata Tojo Una Una
Image credit Ratu inter visual Photography & Videography

2. Air Terjun Toliba

Tempat wisata ini berada di desa Toliba yang aksesnya terbilang mudah. Bahkan, menempuhnya dari Ampana Kota, hanya berjarak 100 km. Air terjun ini mempunyai keunikan tersendiri dengan air yang sangat bersih.

Bahkan, lingkungan sekitarnya masih sangat bersih dan asri. Tentunya air terjun ini sangat cocok mencari tempat liburan menyenangkan dan juga menenangkan. Jadi, bisa mengajak keluarga atau teman-teman.

Tempat Wisata Tojo Una Una
Image credit Rahmat Manandri

3. Goa Vatu Ndalepa Galuga

Goa Vatu terkenal dengan tebing alam yang sangat indah, karena jenis batuan lepas dan mudah terkelupas. Ya, kondisi batu tebing di goa tersebut sesuai dengan namanya. Kurang lebih ketinggian tebing gua ini sekitar 200 meter.

Sedangkan untuk sampai di tempat wisata ini membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam. Lokasi tepatnya berada di desa Galuga, Kecamatan Tojo Barat. Jadi, jika ingin berkunjung ke gua ini pastikan mempersiapkan kebutuhan logistik seperti makanan maupun obat-obatan.

Artikel Terkait; Pemandian Air Panas Bakan Sajian Keindahan Sekaligus Menyehatkan

4. Goa Tua Molangke

Rekomendasi tempat wisata lainnya di Tojo Una Una yaitu Goa Tua Molangke. Banyak keuntungan yang didapatkan jika berlibur ke goa ini salah satunya bisa menikmati hutan tropis yang masih alami dan terjaga.

Selain itu, Goa Tua Molangke juga mempunyai keunikan tersendiri karena terbentuk dari batu-batu cadas. Sudah pasti saat melihat pertama kali akan langsung takjub dengan keindahan susunan batu tersebut.

5. Air Panas Marowo

Berendam air panas bisa menjadi solusi untuk menenangkan pikiran. Maka dari itu, jika sedang berkunjung ke Tojo Una Una, sepertinya Wajib datang ke pemandian air panas Marowo yang berada di desa Marowo.

Sedangkan untuk sampai di pemandian ini, jarak tempuh dari pusat kota sekitar 22 km. Selain bisa memanjakan dengan air panasnya, tempat wisata ini juga menyediakan fasilitas lengkap. Seperti halnya ruang ganti, toilet, tempat ibadah dan lain sebagainya.

Air Panas Marowo
image credit ANToN DChannel

6. Pantai Pasir Putih Keke

Bagi pecinta pantai, Tidak ada salahnya untuk mengagendakan liburan ke Pantai Pasir Putih Keke. Menjadi salah satu pantai yang cukup populer dan fenomenal, memang tidak terlepas dari pemandangan indahnya.

Berada di pantai ini sangat menyenangkan karena pasir sangat lembut dan berwarna putih. Bahkan, deretan pohon kelapa yang setia menemani bisa memberikan kesejukan tersendiri. Sudah pasti akan betah berada di tempat wisata ini.

Baca Artikel ini juga; 10 Tempat Wisata Buol Paling Populer dan Instagramable

7. Pemandian Malontong

Rekomendasi tempat wisata Tojo Una Una yang selanjutnya yaitu pemandian Malontong. Sedangkan untuk sampai di pemandian ini hanya perlu menempuh jarak kurang lebih 8 km dari ibukota kabupaten. Bahkan, biasa menggunakan transportasi roda empat maupun roda dua.

Apalagi banyaknya pohon yang rindang di sekitar pemandian memberikan kesan ketenangan tersendiri. Jadi, tempat ini cocok untuk menyegarkan tubuh di siang hari.

8. Sungai Bongka

Sungai Bongka berada di Kecamatan Ulubongka yang tidak jauh dari desa Marowo. Sedangkan untuk sampai ke sungai Bongka bisa menggunakan transportasi pribadi seperti mobil maupun sepeda motor.

Di sungai ini bisa melakukan berbagai aktivitas terutama arung jeram. Selain itu, sungai ini juga mempunyai keunggulan tersendiri seperti airnya sangat jernih. Bahkan, bisa juga sekedar duduk santai.

9. Pulau Malenge

Pulau Malenge sebenarnya masih berada dalam suatu kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean. Tentunya Pulau ini mempunyai keunggulan tersendiri, salah satunya terdapat jembatan kayu yang cukup panjang.

Jadi, Pulau ini sebenarnya merupakan dua bagian pulau yang meliputi Pulau Kadoda dan Papan. Nah, kedua Pulau itu terhubung dengan jembatan sepanjang 1.800 meter. Bisa melakukan berbagai aktivitas seperti diving dan snorkeling. Map Lokasi Klik Disini

Pulau Malenge
Image credit Wira Nurmansyah

Baca juga; 15 Tempat Wisata Morowali Utara yang Mempesona

10. Pulau Kadidiri

Pulau Kadidiri juga masih termasuk bagian dari Taman Nasional Kepulauan Togean. Keunggulan dari pulau ini mempunyai pantai dengan pasir putih. Bahkan, air lautnya sangat jelas sehingga bisa melihat terumbu karang.

Para wisatawan biasanya melakukan berbagai aktivitas seperti menyelam, snorkeling atau sekedar berenang. Sudah pasti liburan di tempat ini sangat menyenangkan karena pemandangan yang cukup indah.

Pulau Kadidiri
Image credit Arki Hipnotiez

11. Pulau Una Una

Pulau Una Una lokasinya tidak jauh berbeda dari pulau Togian, lebih tepatnya berada di bagian utara. Tempat wisata alam ini sudah cukup populer hingga turis internasional, karena keindahan bawah lautnya.

Selain itu, Pulau Una Una juga mempunyai bentuk bulat dengan pepohonan yang rindang. Bahkan, di Pulau ini terdapat kurang lebih 200 orang yang bermukim. Uniknya lagi, di tengah Pulau ini terdapat gunung Bernama Colo.

Pulau Una Una
Image credit Arah Gravitasi

12. Pulau Enam

Jika ingin liburan lebih menyenangkan, sepertinya Wajib mengagendakan datang ke pulau Enam. Di Pulau ini bisa melakukan berbagai aktivitas seperti menggunakan speed boat, naik perahu atau sekedar berfoto.

Banyak juga spot-spot unik yang ada di Pulau ini. Salah satunya terdapat bangkai pesawat Amerika di bawah Laut. Sedangkan lokasi tepatnya berada di desa Lebiti, Kecamatan Togean.

Artikel Lainnya; 11 Tempat Wisata Banggai yang Indah

13. Pulau Pangempa

Pulau Pangempa berada di Desa Katupat yang terkenal dengan keindahannya. Jika ingin datang ke pulau ini bisa memulainya dari Ampana menggunakan publik boat. Selanjutnya untuk sampai di pulau tersebut harus naik motor boat.

Jaraknya tidak terlalu jauh hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit. Di perjalanan bisa menikmati pemandangan yang sangat indah dengan kesejukan udara. Bahkan, bisa juga melihat terumbu karang yang sangat jelas.

14. Tanjung Keramat

Tempat wisata lain di Tojo Una Una yaitu Tanjung Keramat. Banyak keunggulan dari tempat wisata ini yaitu terumbu karang sangat bagus. Salah satunya ada berbagai jenis ikan terumbu karang yang berwarna-warni dan indah.

Jadi, di tempat ini bisa melakukan berbagai aktivitas seperti snorkeling. Bahkan, bisa juga untuk sekedar duduk santai menikmati keindahan alam. Selain itu, tersedia juga spot-spot foto menarik disini.

15. Air Terjun Gandalari

Lokasi tempat wisata ini berada di Desa Tayawa, Kecamatan Tojo Timur. Wisata yini cukup populer karena lingkungannya masih sangat bersih dan asri. Bahkan, akses menuju air terjun ini terbilang mudah menggunakan kendaraan.

Tentunya air terjun ini sangat cocok mencari tempat liburan menyenangkan dan juga menenangkan. Jadi, bisa mengajak keluarga atau teman-teman.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata Tojo Una Una yang Mempesona. Jika tertarik mengunjunginya, pastikan tetap menjaga kebersihan lingkungan.

Baca Lebih lanjut

Ingin Mengatahui lebih banyak tentang wisata di pulau sulawesi? klik tautan dibawah ini;

Yuni Supit

Ibu Rumah Tangga yang hoby Travel dan Memasak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button